staff

PROFIL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FISIP UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Desakan arus globalisasi, dinamika internal, konflik sosial dan harmonisasi sosial sebagai resolusi damai terhadap pelbagai benturan menjadi titik mula perkecambahan kompleksitas persoalan sosial baik di tingkat lokal maupun nasional pada setiap masyarakat di pelbagai negara. Realitas tersebut menantang kesiapan setiap intelektual untuk terlibat aktif dalam mengintervensi pelbagai fenomena agar dapat membelokkan desakan-desakan destruktif menjadi konstruktif khususnya dalam kehidupan masyarakat. Kesiapan intelektual dalam memberi solusi pada pusaran dinamika global ini hanya mungkin apabila ia memiliki bekal teoritis dan kemampuan teknis analisis empiris yang handal. Berangkat dari rasionalitas utama (raison de’tre) inilah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh didirikan. 

Program Studi Sosiologi ini resmi berdiri pada 05 September 2003 dengan Surat Keputusan  Pendirian Nomor: 2289/D/T/2003. Sejak berdirinya hingga dengan saat ini Program Studi Sosiologi aktif menjalankan aktivitas pembelajaran. Kerja keras dan kerjasama pelbagai pihak menempatkan Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh saat ini berakreditasi “B”. Akreditasi “B” ini adalah yang pertama dan yang terbaik diantara Program Studi Sosiologi yang ada di Provinsi Aceh. Atas kerja keras dan kerja sama pelbagai pihak utamanya civitas akademika Sosiologi, FISIP dan Universitas Malikussaleh Kemenristek DIKTI pada tahun 2017 telah pula menyetujui pendirian program Magister (S2) Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh. Pendirian Magister (S2) Sosiologi FISIP ini  juga yang pertama di Propinsi Aceh. 

Pada awal pendiriannya, mahasiswa yang menempuh pendidikan  di Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh umumnya berasal dari Propinsi Aceh. Namun, pada saat ini mahasiswa Program Studi Sosiologi berasal dari seluruh propinsi di Indonesia. Pluralitas etnis dan kebhinekaan pola sosial-budaya yang menjadi identitas mahasiswa yang berasal dari seluruh nusantara  menjadi aneka warna yang menyenangkan dalam proses pembelajaran di Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh.

Proses pembelajaran di Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh dilaksanakan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Keberadaan para staf pengajar yang berkompeten dapat diyakini mahasiswa yang meyelesaikan pendidikan di prodi ini memiliki kompetensi mumpuni sebagaimana yang dibutuhkan oleh masyarakat dan lapangan kerja. Hal ini didukung oleh keberadaan dosen di Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh 50 %  berpendidikan Doktor (S3) yang merupakan lulusan dari Universitas ternama baik di dalam  maupun luar negeri.  Selain itu, para dosen Program Studi Sosiologi merupakan peneliti aktif yang memenangkan pelbagai hibah penelitian baik dari lembaga donor dalam negeri (PT. PIM, LPSDM, Kemenristek Dikti dan LPDP) maupun luar negeri. Pada tataran pemerintahan, para dosen Program Studi Sosiologi terlibat aktif pula sebagai tenaga ahli baik di lembaga eksekutif (Pemerintah Aceh, Pemerintah Kab/Kota) maupun legislatif (DPRA dan DPRK).  

Kompetensi staf pengajar Program Studi Sosiologi yang tidak hanya penguasaan teoritis tetapi juga penguasaan permasalahan ril-empiris di masyarakat menjadi garansi bahwa para mahasiswa Program Studi Sosiologi memperoleh transformasi pengetahuan yang bersifat dualitas yaitu wawasan teoritis sekaligus ketrampilan sosial empiris utamanya terkait dengan pelbagai fenomena kemasyarakatan dalam tataran arus global saat ini. Pada Program Studi Sosiologi mahasiswa diarahkan memiliki keahlian dalam menyusun kebijakan sosial, analis pembangunan, aktor pemberdayaan masyarakat, analis dan praktisi politik, aktor perdamaian dan  resolusi konflik dan juga menjadi guru khususnya guru pelajaran Sosiologi di Sekolah Menegah Atas/Aliyah.   

Berdasarkan kompetensi yang dimilikinya, alumni Program Studi Sosiologi saat ini telah bekerja dipelbagai Instansi yang tersebar di pelbagai daerah di Indonesia dan Malaysia seperti Dosen, Dinas Sosial, Kantor Camat, Politisi, Peneliti, Konsultan Sosial, Guru, Pegiat LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Hotel dan Pengusaha.   

Staff Pengajar Program Studi Sosiologi
Dr. Nirzalin, M.Si (Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Dr. M. Nazaruddin, M.Si (Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Dr. Suadi, M.Si (Alumni Universiti Kebangsaan Malaya Malaysia)
Dr. Saifuddin, MA (Alumni Universiti Kebangsaan Malaya Malaysia)
Dr. Alwi, M.Si (Alumni Universitas Padjajaran Bandung)
Dr. Abidin, M.Th.I (Alumni Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Fauzi, MA (Kandidat Doktor  Universitas Zainal Abidin Malaysia)
Fajri, M.Soc.Sc (Kandidat Doktor Universitas Zainal Abidin Malaysia)
Nulwita Maliawati, M.Si (Kandidat Doktor Institut Pertanian Bogor)
Dini Rizki, M.TESOL (Alumni Deakin University Australia)
Fakhrurrazi, M.Si (Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Amiruddin Ketaren, M.Sc (Alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Rahmadsyah Putra Rangkuty, M.Si (Alumni Universitas Sumatera Utara)