visi misi tujuan motto

FISIP Universitas Malikussaleh

Visi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berkeinginan mewujudkan standar kualitas yang baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana belajar-mengajar sehingga akan tercipta atmosfer keilmuan yang bebas, jujur, kreatif, dan dinamis. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh adalah

"Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Berbasis Kearifan Lokal dan Kebudayaan Multikultural di Indonesia pada Tahun 2025"

Misi

Dalam upaya mewujudkan visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, perlu dijalankan misi-misi yang kongkrit, yaitu :

  1. Melaksanakan pendidikan bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang berkarakteristik kebijakan publik dan administrasi pembangunan, jurnalistik dan public relation, resolusi konflik dan politik lokal, pembagunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan kebudayaan multikultural yang berlandaskan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).

  2. Mengembangkan penelitian yang mengandung pembangunan lokal dan nasional serta pemeliharaan perdamaian yang berkelanjutan.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara partisipatif dan emansipatif melalui penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan sosial yang sesuai dengan arah pembangunan.

  4. Menerapkan manajemen akademik yang profesional berlandaskan good governance and clean government.

  5. Menjalin hubungan kerjasama secara berkesinambungan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, yang konsen terhadap dunia pendidikan.


Tujuan

Sesuai dengan visi dan misi sebagaimana disebutkan di atas, maka yang menjadi tujuan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Program Studi dan Kurikulum yang bermutu sehingga mampu meningkatkan kemampuan lulusan yang berkualitas dan berdayasaing tinggi.

  2. Mewujudkan Penelitian Ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan daerah dan nasional.

  3. Mewujudkan Pengabdian kepada Masyarakat yang bermanfaat bagi pemerintah, dunia industri, dan masyarakat.

  4. Membentuk organisasi dan manajemen yang transparan dan akuntabel.

  5. Membangun kolaborasi yang terpadu antar unit kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam upaya merealisasi pencapaian visi dan misi serta program kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  6. Menciptakan atmosfer akademik yang sehat dan menjamin stabilitas organisasi.

  7. Menciptakan peningkatan sistem pelayanan pendidikan yang dapat diakses secara merata dan terjangkau oleh masyarakat.

  8. Menjamin kesinambungan hubungan kerjasama dengan berbagai mitra kerja, baik pemerintah maupun swasta dengan menjalin koordinasi yang baik, sinerjis, dan harmonis.


Motto

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh memiliki motto : "Unggul, Empati, dan Plural"